Rabu, 10 Desember 2014

MAKALAH PSIKOLOGI ISLAM TENTANG KEPRIBADIAN MUSLIM



KEPRIBADIAN MUSLIM




A.    PENDAHULUAN
Orang islam belum tentu berkepribadian muslim, kepribadian muslim adalah seperti digambarkan oleh Al-Qur’an tentang tujuan dikirimkannya Rasulullah Muhammad SAW kepada umatnya, yaitu menjadi rahmat bagi sekalian alam. Maka, seseorang yang telah mengaku muslim seharusnya memiliki kepribadian sebagai sosok yang selalu dapat memberi rahmat dan kebahagiaan kepada siapa dan apapun di lingkungannya. Taat dalam menjalankan ajaran agama, tawadhu’, suka membantu, memiliki sifat kasih sayang, tidak suka menipu, tidak suka mengambil hak orang lain, tidak suka mengganggu, dan tidak suka menyakiti orang lain.
Persepsi masyarakat tentang pribadi muslim yang berbeda-beda. Bahkan banyak yang pemahamannya sempit. Sehingga seolah-olah pribadi muslim itu tercermin pada orang yang hanya rajin menjalankan syari’at islam. Padahal itu hanyalah satu aspek saja, dan masih banyak aspek lain yang harus melekat pada pribadi seorang muslim. Oleh karena itu standar pribadi muslim yang berdasarkan Al-Qur’an dan Sunnah merupakan sesuatu yang harus dirumuskan, sehingga dapat menjadi acuan bagi pembentukan pribadi muslim.


B.     PERMASALAHAN
1.      Bagaimana kepribadian dalam prespektif psikologi islam?
2.      Bagaimana integrasi kepribadian muslim ?
3.      Bagaimana kepribadian muslim sebagai tujuan pendidikan islam ?






C.            PEMBAHASAN
1.      Kepribadian Muslim
Kepribadian adalah hasil dari suatu proses kehidupan yang dijalani seseorang. Oleh karena proses yang di alami tiap orang itu berbeda-beda, maka kepribadian tiap-tiap individu pun berbeda-beda. Tak ada kepribadian yang sama antara dua orang individu, meskipun saudara kembar yang berasal dari satu sel telur sekalipun.
Muslim berarti orang islam. Orang yang berislam adalah orang menyerah, tunduk, patuh, dalam melakukan perilaku yang baik, agar hidupnya bersih lahir dan batin yang pada gilirannya akan mendapatkan keselamatan dan kedamaian hidup di dunia dan akhirat.
Jadi, dapat disimpulkan bahwa kepribadian muslim adalah suatu proses kehidupan orang islam, dalam melakukan perilaku yang baik sesuai dengan hukum-hukum yang telah ditetapkan yang bertujuan untuk memperoleh keselamatan dan kedamaian hidup di dunia dan akhirat.
Islam telah menggambarkan cara yang benar untuk membentuk kepribadian, hati, akal, pikiran, dan perilaku seseorang supaya ia bisa menjadi manusia yang sehat tubuh, akal dan jiwanya, menjadi sebuah kekuaan dan unsure positif yang patut bagi masyarakatnya yang luas. Inti dari kepribadian muslim itu sendiri adalah:[1]
1.       Menyerahkan diri kepada Allah
2.       Kebebasan dan kemuliaan manusia
3.       Membebaskan pribadi muslim dari faktor-faktor ketakutan
4.       Bersabar dalam cobaan dan bersyukur dalam kebahagiaan
5.       Hati yang senantiasa berjaga
6.       Menjaga hubungan baik dengan sesame muslim
7.       Selalu optimis
Kepribadian muslim disini meliputi lima rukun islam[2] :
1)        Kepribadian Syahadatain
Kepribadian Syahadatain adalah kepribadian individu yang didapat setelah mengusapkan dua kalimat syahadat, memahami hakikat dari ucapannya serta menyadari akan segala konsekuensi kesaksiannya tersebut. Kepribadian syahadatain meliputi domain kognitif dengan pengucapan dua kalimat secara verbal;domain afektif dengan kesadaran hati yang tulus dan domain psikomotorik dengan melakukan segala perbuatan sebagai konsekuensi dari persaksiannya itu.
Kesaksian atas ketuhanan Allah SWT akan berimplikasi pada pembentukan kepribadian syahadatain sebagai berikut :
1.        Kepribadian yang bebas, merdekadan tidak terbelenggu oleh Tuhan-tuhan yang nisbi dan temporer.
2.        Kepribadian yang berpengetahuan secara pasti.
3.        Kepribadian yang yakin dan menghilangkan segala bentuk keragu-raguan.
4.        Kepribadian yang menerima segala konsekuensi akibat dari persaksian dan ucapannya.
5.        Kepribadian yang tunduk dan patuh terhadap penciptanya.
6.        Kepribadian yang jujur.
7.        Kepribadian yang tulus dan ikhlas.
8.        Kepribadian yang penuh cinta.
2)        Kepribadian Mushalli
Kepribadian Mushalli adalah kepribadian individu yang didapat setelah melaksanakan sholat dengan baik, konsisten, tertib dan khusyu’, sehingga ia mendapatkan hikmah dari apa yang dikerjakan.
Pengertian ini didasarkan atas asumsi bahwa orang yang tekun sholat, memiliki kepribadian lebih shaleh ketimbang orang yang tidak mengerjakannya, sebab ia mendapatkan hikmah dari perbuatannya. Pada kepribadian mushalli terdapat korelasi yang signifikan antara dimensi vertikal dengan dimensi horizontal. Artinya, semakin baik tingkat spiritualitas individu kepada Allah melalui sholat maka semakin baik pula tingkah laku sosialnya. Implikasi positif yang menyertai individu dalam pembentukan kepribadian mushalli diantaranya :
1.        Kepribadian yang senang berorganisasi, yang mana setiap tindak tanduknya terorganisasi dengan baik.
2.        Kepribadian yang tunduk dan patuh satu komando pemimpin.
3.        Kepribadian yang memiliki keserasian, keselarasan, dan keharmonisan.
4.        Kepribadian yang apabila terjadi pergantian kepemimpinan maka tidak berarti melupakan jasa, prestasi atau program yang pernah di capai atau dijalankan pada kepemimpinan sebelumnya.
5.        Kepribadian yang senantiasa taat pada pemimpin.
6.        Kepribadian yang mau meluruskan pemimpinnya yang salah dan sebaliknya.
3)        Kepribadian Shaaim
Kepribadian shaim adalah kepribadian individu yang didapat setelah melaksanakan puasa dengan penuh keimanan dan ketakwaan, sehingga ia dapat mengendalikan diri dengan baik. Indicator kepribadian shaim adalah:
a.       Puasa sebagai pembentukan kepribadian yang sabar dan tabah tahan uji dan mengendalikan yang baik dalam mengarungi kehidupan, terutama sabar dalam menjalankan perintah-Nya.
b.      Puasa dapat menyebabkan karakter ‘ayd (orang yang kembali ke fitrah asal) dan fa’iz (orang yang beruntung).
c.       Puasa sebagai pembentuk kepribadian yang sehat jasmani dan ruhani.
4)        Kepribadian Muzakki
Kepribadian muzakki adalah kepribadian yang didapat setelah membayar zakat dengan penuh keikhlasan, sehingga ia mendapat hikmah dari apa yang dilakukan. Implikasi positif dari kepribadian muzakki adalah:
a.       Kepribadian yang suci yang menjadikan Muzakki pada citra awalnya (fitrah) yang tanpa dosa.
b.      Kepribadian yang seimbang, dimana individu menyeleraskan aktivitas yang berdimensi vertical dan horizontal.
c.       Kepribadian yang penuh empati terhadap penderitaan orang lain.
d.      Kepribadian yang selamat dari petaka fitnah, sebab zakat, infaq, dan shadaqah dapat menolak bala.
e.       Kepribadian yang kreatif dan produktif untuk memperoleh harta benda yan halal dan mendistribusikannya dengan cara yang halal pula.
5)        Kepribadian Haajji
Kepribadian hajji adalah kepribadian yang didapat individu setelah melaksanakan ibadah haji yang semata-mata dilakukan karena Allah.
Implikasi positif yang dapat diambil adalah:
a.         Kepribadian tauhidi, yaitu kepribadian yang utuh dalam memenuhi panggilan Allah.
b.        Kepribadian mujahid, yaitu orang yang berjiha dengan cara berperang dan berkorban secara sungguh demi mendapatkan ridho Allah.
c.         Kepribadian yang suci dan fitri.
d.        Kepribadian yang sukses
Analisa secara filosofis mengatakan bahwa hakikat kodrat martabat manusia adalah merupakan kesatuan integral segi-segi / potensi-potensi esensial. Perkembangan atau aktualitas dari potensi-potensi esensial manusia secara kesatuan integral inilah yang akan menentukan kualitas kepribadian seseorang. Potensi-potensi tersebut ialah:[3]
a.    Konsep tentang individualitas manusia
Makhluk individual berarti makhluk yang tidak dapat dibagi-bagi. Menurut pengertian ini, maka manusia itu tidak dapat dipisahkan antara jiwa dan raganya, rohani dan jasmaninya. Kensepsi islam tentang individualitas manusia sangatlah jelas, dimana manusia secara individu harus bertanggung jawab terhadap apa yang diperbuatnya.
b.    Konsep tentang sosialitas manusia
            Konsepsi islam mengenai sosialitas manusia menghendaki agar setiap orang islam, disamping selalu memelihara hubungan dengan Tuhan (hablum minallah), juga harus memelihara hubungan dengan sesama manusia (hablum minannas). Islam menempatkan kepentingan umum diatas kepentingan pribadi.
c.    Konsep tentang moralitas manusia
Agama islam memposisikan moral sebagai posisi yang palin penting setelah orang beriman pada Tuhan. Maka dari itu Allah mengutus para Nabi dan Rasul sebagai contoh teladan yang baik bagi umat manusia.
d.   Konsep tentang manusia sebagai makhluk bertuhan
Dengan sadar atau tidak tiap manusia mengakui bahwa dia adalah salah satu ciptaan Tuhan yang hidup di dunia ini. Allah telah menganugerahi manusia dengan potensi-potensi esensinya sebagi manusia.

2.         Integrasi Kepribadian Muslim
Dalam Islam, penentuan struktur kepribadian tidak dapat terlepas dari pembahasan substansi manusia, sebab dengan pembahasan substansi tersebut dapat diketahui hakikat dan dinamika prosesnya. Substansi manusia terdiri atas jasad dan ruh. Masing-masing aspek yang berbeda ini pada prinsipnya saling membutuhkan. Jasad tanpa ruh merupakan substansi yang mati, sedang ruh tanpa jasad tidak dapat teraktualisasi. Karena saling membutuhkan, diperlukan sinergi antara keduanya, yang dalam tetminologi Psikologi Islam disebut dengan nafs.[4]
1.        Substansi Jasmani
Jasad (jisim) adalah substansi manusia yang terdiri atas struktur organism fisik. Organisme fisik manusia lebih sempurna disbanding dengan organism fisik-fisik makhluk lain. Setiap makhluk terbuat dari unsur material yang sama, yakni terbuat dari unsur tanah, api, udara dan air. Jisim manusia memiliki natur tersendiri. Menurut Al-Farabi bahwa komponen ini dari alam ciptaan yang memiliki bentuk, rupa, kualitas, kadar, gerak dan diam, serta berjasad yang terdiri dari beberapa organ. Begitu juga Al-Ghazali memberikan sifat komponen ini dengan dapat bergerak, memiliki rasa, berwatak gelap dan kasar, dan tidak berbeda dengan benda-benda lain.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                         
2.        Substansi Ruhani
Ruh adalah substansi yang memiliki natur tersendiri. Menurut Ibnu Sina, ruh adalah kesempurnaan awal jisim alami manusia yang tinggi yang memiliki kehidupan dengan daya. Sedang bagi Al-Farabi, ruh berasal dari alam perintah (amar) yang mempunyai sifat berbeda dengan jasad. Sedang menurut Al-Ghazali, ruh ini merupakan latifah (sesuatu yang halus) yang bersifat ruhani.
3.        Substansi Nafsani
Nafs adalah potensi jasad-ruhani (psikofisik) manusia yang telah ada sejak manusia siap menerimannya. Potensi nafs terikat dengan hukum yang bersifat jasadi dan ruhani. Semua potensi yang terdapat pada nafs bersifat potensial, tapi dapat actual jika manusia mengupayakan. Substansi nafs memiliki potensi gharizah, jika potensi ini  dikaitkan dengan substansi jasad dan ruh, maka dapat dibagi menjadi tiga bagian; (1) al-qalb yang berhubungan dengan rasa atau emosi; (2) al-‘aql yang berhubungan dengan cipta atau kognisi; (3) daya nafs yang berhubungan dengan karsa atau konasi. Ketiga potensi tersebut merupakan subsistem nafs manusia yang dapat membentuk kepribadian. Untuk memahami komponen gharizah ini perlu penjelasan sebagai  berikut:
a.      Al-Qalb
Qalbu secara psikologis memiliki daya-daya emosi yang menimbulkan daya rasa. Hal itu menunjukkan bahwa qalbu memiliki dua daya yaitu kognisi dan emosi. Daya emosi qalbu lebih banyak diungkap daripada daya kognisinya, sehingga para ahli sering menganggap qalbu sebagai aspek nafsani yang berdaya emosi. Apabila terpaksa menyebut qalbu sebagai daya kognisi itupun hanya dibatasi pada kognisi yang diperoleh melalui pendekatan cita rasa bukan pendekatan nalar.

b.      Al-Aql
Akal secara psikologis memiliki fungsi kognisi (daya cipta). Kognisi adalah suatu konsep umum yang mencakup semua bentuk pengalaman kognisi, mencakup mengamati, melihat, memperhatikan, memberikan pendapat, mengasumsikan, berimajinasi, memprediksi, berfikir, mempertimbangkan, menduga dan menilai. Akal bukanlah kalbu. Ia merupakan subtansi nafsani tersendiri yang berkedudukan di otak, yang berfungsi untuk berfikir dan bukan aktifitas qalbu. Ia memiliki kesamaan dengan qalbu dalam memperoleh daya kognisi, tetapi cara dan hasilnya berbeda. Akal mampu mencapai pengetahuan rasional, tetapi tidak mampu mencapai pengetahuan suprarasional.
c.      An-Nafs
Nafsu dalam terminologi psikologi lebih dikenal dengan sebutan konasi. Konasi (kemauan) adalah bereaksi, berbuat, berusaha, berkemauan, dan berkehendak. Aspek konasi kepribadian ditandai dengan tingkah laku yang bertujuan dan implus untuk berbuat. Nafsu menunjukkan struktur di bawah sadar dari kepribadian manusia. [5]

3.      Kepribadian Muslim sebagai Tujuan Pendidikan Islam
Untuk mencapai tujuan pendidikan harus dilaksanakan upaya semaksimal mungkin, walaupun pada kenyataannya manusia tidak mungkin menemukan kesempurnaan dalam berbagai hal. Abd Ar-Rahman Shaleh Abd Allah menyatakan tujuan pendidikan islam dapat diklasifikasikan menjadi empat dimensi :
1.      Tujuan pendidikan jasmani
Mempersiapkan diri manusia sebagai pengemban tugas khalifah di bumi melalui keterampilan-keterampilan fisik.
2.      Tujuan pendikan rohani
Meningkatkan jiwa dan kesetiaan yang hanya kepada Allah semata dan melaksanakan moralitas islami yang dicontohkan oleh Nabi berdasarkan cita-cita ideal dalam Al-Qur’an.
3.      Tujuan pendidikan akal
Pengarajan intelejensi untuk menemukan kebenaran dan sebab-sebabnya dengan telaah tanda-tanda kekuasaan Allah dan menemukan pesan ayat-ayatNya yang berimplikasi pada peningkatan iman kepada sang pencipta.
4.      Tujuan pendidikan sosial
Pembentukan kepribadian yang utuh yang menjadi bagian dari komunitas sosial. Identitas individu disini tercermin sebagai an-Naas yang hidup pada masyarakat plural.
     Dari penjelasan di atas, tujuan pendidikan islam adalah untuk mencapai keseimbangan pertumbuhan kepribadian manusia secara menyeluruh dan seimbang yang dilakukan melalui latihan jiwa, akal pikiran, diri manusia yang rasional, perasaan dan indera. Tujuan terakhir pendidikan muslim terletak pada perwujudan ketundukan yang sempurna kepada Allah, baik secara pribadi komunitas maupun seluruh umat manusia. Hal tersebut merupakan proses membimbng dan membina fitrah manusia secara maksimal dan bermuara pada terciptanya pribadi manusia sebagai muslim paripurna (insan kamil).[6]

4.      ANALISA
Kepribadian muslim menurut kelompok kami adalah sebuah perilaku yang dimiliki oleh seorang muslim yang sesuai dengan aturan-aturan yang telah ditetapkan oleh agama islam. Jika kepribadian dan perilaku seseorang itu sehat maka tubuh, akal, dan jiwanya menjadi sebuah kekuatan yang positif yang bermanfaat bagi dirinya sendiri maupun masyarakat luas.
Orang yang berkepribadian muslim senantiasa mengingat Tuhan dalam setiap aspek kehidupannya. Baik buruknya suatu kepribadian seseorang tergantung oleh beberapa hal yaitu faktor keturunan dan faktor lingkungan. Pada dasarnya kedua faktor itu sangat mempengaruhi perilaku seseorang dalam kehidupannya. Seseorang yang hidup dalam keluarga yang baik, belum tentu mempunyai kepribadian yang baik pula, sedangkan orang yang hidup dalam keluarga yang kurang baik, belum tentu mempunyai kepribadian yang kurang baik pula.

5.      KESIMPULAN
1.      Kepribadian dalam perspektif psikologi islam
Kepribadian muslim adalah suatu proses kehidupan orang islam, dalam melakukan perilaku yang baik sesuai dengan hukum-hukum yang telah ditetapkan yang bertujuan untuk memperoleh keselamatan dan kedamaian hidup di dunia dan akhirat.
2.      Integrasi kepribadian muslim
Substansi manusia terdiri atas jasad dan ruh. Masing-masing aspek yang berbeda ini pada prinsipnya saling membutuhkan. Jasad tanpa ruh merupakan substansi yang mati, sedang ruh tanpa jasad tidak dapat teraktualisasi. Karena saling membutuhkan, diperlukan sinergi antara keduanya, yang dalam tetminologi Psikologi Islam disebut dengan nafs.[7]
3.      Kepribadian muslim sebagai tujuan pendidikan islam
Kepribdian muslim sebagai tujuan pendidikan islam adalah untuk mencapai keseimbangan pertumbuhan kepribadian manusia secara menyeluruh dan seimbang yang dilakukan melalui latihan jiwa, akal pikiran, diri manusia yang rasional, perasaan dan indera. Tujuan terakhir pendidikan muslim terletak pada perwujudan ketundukan yang sempurna kepada Allah, baik secara pribadi komunitas maupun seluruh umat manusia. Hal tersebut merupakan proses membimbng dan membina fitrah manusia secara maksimal dan bermuara pada terciptanya pribadi manusia sebagai muslim paripurna (insan kamil).


DAFTAR PUSTAKA
Abdul Mujib, KEPRIBADIAN DALAM PSIKOLOGI ISLAM, PT RajaGrafindo Persada, Jakarta;2006
Jamaluddin Mahfuzh, PSIKOLOGI ANAK DAN REMAJA MUSLIM, Dar Al- I’tisham, Jakarta;2004
Netty Hartati, Islam dan Psikologi, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta;2004
Zuhairini, FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM, BUMI AKSARA, Jakarta;1994
Jusuf Mudzakir, Nuansa-nuansa Psikologi Islam,, PT Raja Grafindo persada, Jakarta ; 2001
Bukhari Umar, Ilmu Pendidikan Islam, AMZAH, Jakarta ; 2010





[1] Jamaluddin Mahfuzh, PSIKOLOGI ANAK DAN REMAJA MUSLIM, Dar Al- I’tisham, Jakarta;2004, hal 113-122
[2] Abdul Mujib, KEPRIBADIAN DALAM PSIKOLOGI ISLAM, PT RajaGrafindo Persada, Jakarta;2006, hal 250-295
[3] Zuhairini, FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM, BUMI AKSARA, Jakarta;1994, hal 188-197
[4] Netty Hartati, Islam dan Psikologi, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta;2004
[5]Jusuf Mudzakir, Nuansa-nuansa Psikologi Islam,, PT Raja Grafindo persada, Jakarta ; 2001 hal 48-56
[6]Bukhari Umar, Ilmu Pendidikan Islam, AMZAH, Jakarta ; 2010 hal 59-65.
[7] Netty Hartati, Islam dan Psikologi, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta;2004

Tidak ada komentar:

Posting Komentar