Rabu, 24 Desember 2014

KONSEP DASAR PENDIDIKAN



            Pendidikan adalah proses pengembangan diri manusia yang dilakukan lewat lembaga-lembaga tertentu yang dapat mengembangkan potensi-potensi manusia dan dapat memanusiakan manusia. Pendidikan saling berketergantungan dengan manusia begitu juga manusia berketergantungan dengan pendidikan , karena pendidikan tanpa ada manusia maka tidak akan berjalan dan jika manusia tidak memiliki pendidikan maka manusia tidak akan bisa memanusiakan manusia. Disini dikatakan kebutuhan manusia akan pendidikan ada 3 :
1.      Pendidikan mengembangkan potensi-potensi kearah yang baik dan tidak menyimpang dari ahlak atau budipekerti.
2.      Pendidikan tidak hanya menyampaikan pengetahuan saja melainkan memberi tahu jalan-jalan, dimana jalan tersebut menuju kea rah yang baik.
3.      Pendidikan dapat menjadikan manusia untuk memanusiakan manusia.
Pendidikan sendiri memiliki 2 dimensi yaitu :
1.      Dimensi teoritik yang artinya disini pendidikan hanya menyampaikan teori-teori yang diajarkan kepada peserta didik.
2.      Dimensi praktis yang artinya teori-teori dari ilmu yang diberikan kepada peserta didik dapat langsung di praktekkan.
Dari keterangan tersebut para pengajar berusaha membuat konsep pembelajaran yang efektif, dari guru sendiri dituntut untuk pedagogik, professional, social, dan kepribadian yang bagus. Jika semua itu terpenuhi maka pembelajaran akan efektif. Dari GURU -> ILMU -> TEORITIK/PRAKTIS -> PENDEWASAAN DIRI.
Pentingnya pendidikan mengakibatkan adanya pendidikan seumur hidup, apa itu pendidikan seumur hidup ? pendikan seumur hidup adalah suatu proses yang terus menerus atau berlanjut dari bayi sampai meninggal dunia. Dan kenapa pendidikan seumur hidup itu penting ? dari hasil pemikiran para ilmuan menemukan bahwa ada beberapa sebab yaitu :
1.      Pentingnya Ideologi manusia.
2.      Dari segi Ekonomi, pendidikan seumur hidup dapat memungkinkan seseorang untuk meningkatkan produktifitas, memelihara dan mengembangkan sumber-sumber yang dimiliki, memungkinkan hidup dalam lingkungan yang lebih menyenangkan dan sehat, memiliki motivasi dalam mengasuh dan mendidik anak-anaknya secara tepat, sehingga peran pendidikan di dalam keluarga menjadi sangat besar dan penting.
3.      Segi sosiologis
4.      Politis
5.      Teknologi, supaya tidak gamtek di masa depan.
6.      Psikolog dan pedagogis, supaya mengetahui sifat anak dan mempunyai wawasan dalam memberi hukuman pada anak nya(yang bermafaat untuk anak nya).
 pendidikan memiliki 3 ruang lingkup yaitu :
1.      INFORMAL yaitu pendidikan dari jalur keluarga atau mandiri.
2.      FORMAL yaitu pendidikan dari sekolahan.
3.      NON FORMAL yaitu jalur luar sekolah.
TABEL PENDIDIKA
TEORI
INFORMAL
FORMAL
NON FORMAL
Lokasi
Keluarga
Sekolahan
Masyarakat
Usia
0-5 tahun
6-? Tahun
Tidak mengenal usia
Waktu
Anak-anak
Remaja
Tidak mengenal waktu
Biaya
Tidak tentu
Tertentu
Tertentu
Tujuan
Kepribadian
Ilmu pengetahuan
Ketrampilan/skil
Kurikulum
Tidak ada
Ada
Ada

Tidak ada komentar:

Posting Komentar