Jumat, 26 Juni 2015

Beberapa Cara Menghentikan Ngorok

Tips Sehat

Berikut beberapa hal yang bisa diilakukan untuk menghentikan kebiasaan mendengkur:
1.      TIDUR MENYAMPING
Orang akan cenderung mendengkur ketika tidur terlentang (kepala menghadap ke atas), sedang tidur tengkurap (kepala menghadap bawah) membuat leher dan napas tersiksa selama tidur. Cobalah tidur menyamping untuk menghentikan ngorok.

2.      KURANGI BERAT BADAN
Kelebihan berat badan, terutama di bagian leher, memberikan tekanan pada sistem pernapasan, yang enyebabkan pengurangan parsial dan ngorok saat tidur. Jaringan leher orang yang kelebihan berat badan biasanya tebal. Itu yang memungkinkan muncul resiko mendengkur. Menurunkan  berat sekitar 10 % dapat membantu menghentikan kebiasaan yang sangat mengganggu itu.

3.      HINDARI ALKOHOL DAN OBAT TIDUR
Alkohol dan obat tidur dapat menekan sistem saraf pusat dan relaksasi otot-otot leher dan rahang, yang membuat orang lebih mendengkur. Kedua zat itu juga dikenal menyebabkan gangguan tidur sleep apnea, yaitu kondisi berbahaya yang dikaitkan dengan penyakit jantung.

4.      SEGERA OBATI AERGI
Alergi pernapasan kronis dapat menyebabkan mendengkur dengan memaksa penderita bernapas melalui mulut selama tidur. Mengambil antihistamin sebelum tidur dapat membantu.

5.      MENGGUNAKAN PENYEGAR MULUT
Dokter atau dokter gigi mungkin meresepkan penyega mulut anti-snoring yang dapat membersihkan mulut sekaligus menjaga otot rahang bawah menjdi lebih longgar.

6.      BERHENTI MEROKOK
Merokok dapat membahayakan sistem pernapasan yang akhirnya dapat membuat orang mendengkur.

7.      TIDUR TERATUR
Tidur cukup serta tidur dan bangun secara teratur dapat menghentikan kebiasaan ngorok.

8.      HIRUP UAP AIR SEBELUM TIDUR
Hidung tersumbat dapat menyebabkan mendengkur. Salah satu cara mengatasi adalah menghiru dala-dalam uap air melalui hidung sebelum tidur. Anda juga bsa meletakkan handuk yang telah dicelupkan dalam air hangat dan menghirup uapnya untuk menghilangkan lendir penyebab hidung tersumbat.

9.      MENINGGIKAN KEPALA
Tidur dengan meninggikan kepala mungkin melepaskan beberapa tekanan pada sistem pernapasan, sehinggaaa bernapas terasa lebih mudah. Angkat kepala tempat tidur dengan menempatkan balok kayu di bawah tempat tidur atau menopang tubuh bagian atas dengan bantal (bukan hanya kepala, karena itu justru bisa menghambat pernapasan)

10.  KONSULTASI KE DOKTER BILA ANDA SEDANG HAMIL DAN MENDENGKUR
Terkadang beberapa wanita hamil mendengkur. Mendengkur dapat terjadi karena berat badan meningkat dan perubahan hormon kehamilan menyebabkan otot-otot relaks. Apa pun penyebabnya, mendengkur selama kehamilan dapat mengurangi jatah oksigen untuk bayi. Segera konsultasi ke dokter bila mengalami hal itu.

11.  BERJEMUR BISA KURANGI NGOROK
Banyak manfaat yang bisa didapat dari hobi berjemur di bawah sinar matahari pagi. Sinar matahari dibutuhkan selam proses pembentukn vitamin D, yang tak hanya baik untuk kulit dan tulang tetapi juga bisa mengurangi dengkuran saat tidur. Para peneliti dari University Hospital di Clermont-Ferrand, Prancis, meyakini otot manusia juga butuh vitamin D untuk dapat bekerja scara optimal. Tak terkecuali otot-ootot pernapasan,yang melemah pada orang-orang dengan gangguan tidur suka mendengkur.


Sumber: Tabloid Cempaka Edisi 17-23 Januari 2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar