Kamis, 29 Mei 2014

Teknologi Keras dan Teknologi Lunak dalam Keberagamaan


                                                                                                                                                                   I.            PENDAHULUAN
Kita pasti sering mendengar kata Teknologi dalam kehidupan sehari-hari. Kata Teknologi biasanya diasosiasikan sebagai suatu alat elektronik atau suatu sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Penggunaan teknologi oleh manusia diawali dengan pengubahan sumber daya alam menjadi alat-alat sederhana. Perkembangan teknologi terbaru, termasuk di antaranya mesin cetak, telepon, dan Internet, telah memperkecil hambatan fisik terhadap komunikasi dan memungkinkan manusia untuk berinteraksi secara bebas dalam skala global. Teknologi juga telah membantu memperbaiki ekonomi masyarakat.
                                                                                                                                                                   II.            PEMBAHASAN
Teknologi Keras dan Teknologi Lunak dalam Keberagamaan
Dennis Goulet mengatakan bahwa “Teknologi adalah bagian dari ilmu terapan yang menunjuk pada aplikasi sistematis atas rasionalitas manusia untuk mengatasi problem kemanusiaan.” Ilmu murni tidak bisa menghasilkan Teknologi, tetapi ilmu murni bisa menghasilkan teori dari ilmu terapan yang menghasilkan Teknologi. Teknologi mungkin memunculkan sesuatu yang baru dan berguna bagi ilmu murni. Contoh yaitu menemukan teori tentang galaksi atau tata surya yang memberikan masukan kepada ilmu murni. Teknologi merupakan sesuatu yang bisa diaplikasikan secara sistematis dan juga Rasionalitas ( bisa dilogika atau ditangkap akal manusia ).
Teknologi itu berinteraksi atau berhubungan dengan semua makhluk yang ada. Dengan Teknologi manusia dapat meningkatkan taraf hidupnya dari Less Human menjadi More Human ( Nilai manusia lebih bermakna dengan Teknologi ). Ilmu Pengetahuan dan Teknologi itu saling mempunyai keterkaitan  yaitu prinsip pada ilmu murni dikembamgkan menjadi ilmu terapan dan diaplikasikan oleh teknologi, dan dari Teknologi pula hukum-hukum, teori-teori dan konsep-konsep baru dapat dihasilkan.
Nilai-nilai yang menjadi ciri Teknologi:
§  Rasionalitas ( bisa ditangkap oleh akal pikiran )
§  Efisiensi ( hukum kepastian )
§  Eksternal ( ada jarak dengan ojek / netral )
Teknologi itu netral, tetapi manusia yang memberikan makna. Teknologi Lunak yaitu paham-paham atau ideologi yang diyakini, nilai yang diusung oleh manusia, apabila nilai yang muncul buruk maka aplikasinya juga buruk.
§  Teknologi itu mengendalikan hidup manusia, karena Teknologi merupakan hasil budidaya manusia.
Teknologi Keberagamaan: Suatu ilmu tentang langkah operasional yang menyangkut prinsip ilmu pengetahuan yana rasional dan sistematis tenteng langkah-langkah operasional atau cara-cara yang menyangkut seperangkat metode rasional untuk mewujudkan suatu gejala keberagamaan. Contoh: ilmu tentang cara beribadah yaitu ibadah mandhah dan ghairu mahdhah, ibadah mahdhah itu berupa apa saja ? missal berupa shalat dll.
Teknik Keberagamaan: prosedur pemberdayaan, rumusan hubungan sifat dasar antara dua atau lebih unsur keberagamaan. Unsur dalam beragama itu sepaerti ada orang yang menyembah, ada yang disembah, ada tempatnya, ada tata caranya, ada bacaannya, ada makna dan efek dari setiap gerakan, dll.
Tipologi Pemikiran Manusia Tentang Hubungan Manusia, IPTEK dan Agama
a.       Pendekatan Konflik.
Pendekatan Konflik dikembangkan oleh penganut aliran materialisme yabg berpendapat bahwa “Agama adalah musuh Sains”. Agama dan ilmu pengetahuan itu bertolak belakang. Agama adalah virus campak, agama adalah penghambat sains, dan agama adalah candu masyarakat. Mengapa mereka membenci agama ? karena didalam agama ada konsep keimanan. Menurut mereka iman tidak bisa dijelaskan secara ilmiah. Tapi menurut pendapat islam, iman itu bias diukur secara ilmiah. Alat untuk mengukur keimanan seseorang bisa dengan cara tes keimanan. Tokoh dalam pendekatan konflik ini antara lain Richard Daukin, Peter Atkins, dan Carl Sagan.     
b.      Pendekatan Independensi.
Dalam pendekatan independensi ini menyadari bahwa metodologi yang digunakan oleh sains dan agama itu berbeda. Sehingga mereka menganggap agama dan sains tidak mungkin bersatu, karena sains mengembangkan akal ( rasio ) sedangkan agama mengembangkan hati. Wilayah agama dengan sains berbeda. Agama dan sains harus dipisahkan agar tidak terjadi konflik. Tokoh pendekatan independensi ini yaitu Immanuel Kant, Thomas Aquinas, Toka Husein.
c.       Pendekatan Dialogis
Pendekatan Dialogis yaiu suatu pandangan yang melihat adanya kesamaan antara agama dan sains. Keduanya merupakan upaya pemahaman terhadap realitas kehidupan sebagai sumber pengetahuan manusia. Mereka mencocokkan teks kitab suci dengan temuan-temun sains. ( Harun Yahya )
d.      Pendekatan Integratif.
Pandangan yang mempersatukan sains dengan agama. Keduanya merupakan dua wilayah yang berbeda namun berada dalam suatu kesatuan yang utuh dalam memahami realita kehidupan. Pandangan ini merupakan tuntutan yang bersifat alamiyah dari pendekatan dialogis karena telah disadari bahwa sains tidak mampu memecahkan segala persoalan hidup.
Pendekatan Alternatif atau Pendekatan Holistik
(menerangkum semua pendekatan yang ada)

o   Agama merupakan pedoman dan petunjuk bagi manusia, didalamnya terdapat penjelasan tentang petunjuk-petunjuk pengembangan sains untuk kesejahteraan hidup manusia.
o   Al-Qur’an bagaikan daftar isi dalam sebuah buku tentang alam semesta. Fenomena alam sebagai rahasia kehidupan yang hanya dapat digali melalui sains.

                                                                                                                                                                  III.            KESIMPULAN
Jadi, teknologi merupakan sesuatu hal yang sangat penting bagi manusia. Teknologi sudah menjadi kebutuhan bagi manusia. Dari teknologi suatu hal baru dapat diciptakan dan hal tersebut bisa berguna bagi seluruh masyarakat
DAFTAR PUSTAKA
1.      http://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi, 12 0ktober 2013.
2.      Materi kuliah ibu Primi Rohimi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar