Kamis, 29 Mei 2014

ruang lingkup IAD, ISD dan IBD




BAB 1. PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Di zaman sekarang ini banyak kehidupan masyarakat baik di desa maupun di kota yang berubah. Akibat dari modernisasi banyak dampak positif dan negatifnya. Dampak positif antara lain kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat. Sedangkan dampak negatifnya antara lain banyak moral anak-anak bangsa yang semakin pudar, terjadi banyak kerusakan pada alam yang disebabkan oleh kelalaian manusia.
Untuk mencegah perbuatan-perbuatan negatif itu di zaman sekarang, maka di Perguruan Tinggi diajarkan mengenai IAD, ISD, dan IBD. Agar para mahasiswa bisa mengetahui dan mengenal lebih dekat bagaimana keadaan alam sekitar, kehidupan masyarakat yang pada zaman sekarang sudah tercemar oleh banyak masalah-masalah sosial, serta kebudayaan dan adat-istiadat yang semakin hari semakin pudar.

1.2  Rumusan Masalah
Ø  Apa pengertian Ilmu Alamiah Dasar, Ilmu Sosial Dasar, dan Ilmu Budaya Dasar ?
Ø  Apa saja Ruang Lingkup Ilmu Alamiah Dasar, Ilmu Sosial Dasar, dan Ilmu Budaya Dasar ?


BAB 2. PEMBAHASAN

A.    Pengertian IAD, ISD, IBD
a.      Pengertian Ilmu Alamiah Dasar
Ilmu Alamiah Dasar memusatkan perhatian dan konsep umum, asas-asas dan pendekatan dalam menanggapi kanyataan-kenyataan yang diwujudkan oleh lingkungan alam, dengan memanfaatkan pengetahuan keahlian dalam ilmu-ilmu alamiah seperti astronomi, biologi, kimia, fisika dan geologi.
b.      Pengertian Ilmu Sosial Dasar
Ilmu Sosial Dasar memusatkan perhatian pada kenyataan sosial terutama yang diwujudkan oleh masyarakat Indonesia dengan menggunakan pengetahuan pada ilmu-ilmu sosial seperti geografi sosial, sosiologi, antropologi sosial, ilmu politik, psikologi sosial dan sejarah.
c.       Pengertian Ilmu Budaya Dasar
Ilmu Budaya Dasar memusatkan perhatian pada usaha memperoleh pengertian mengenai hakikat dan harkat manusia serta nilai-nilai budaya yang telah dikembangkannya sebagaimana telah diungkapkan pengetahuan budaya seperti ilmu agama, filsafat, hukum, kesusasteraan, kesenian dan sejarah.
B.     Ruang Lingkup IAD, ISD, dan IBD
1.      Ruang Lingkup Ilmu Alamiah Dasar
o   Konsep-konsep dasar tentang Ilmu Pengetahuan Alam
o   Ilmu Pengetahuan Alam dan Perkembangan Teknologi.
o   Dampak perkembangan Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi.
Secara garis besar  Ruang Lingkup Ilmu Alamiah Dasar meliputi:
·         Fisika yaitu ilmu pengetahuan yang mempelajari benda tak hidup atau mati dari aspek wujud dengan perubahan-perubahan yang bersifat sementara.
·         Kimia yaitu ilmu pengetahuan yang mempelajari benda hidup dan tak hidup dari aspek susunan materi dan perubahan-perubahan yang bersifat tetap.
·         Biologi yaitu ilmu pengetahuan yang mempelajari makhluk hidup dan gejala-gejalanya.
2.      Ruang Lingkup Ilmu Sosial Dasar
o   Adanya berbagai aspek pada kenyataan bersama yang merupakan suatu masalah sosial.
o   Adanya beraneka ragam golongan dan kesatuan sosial dalam masyarakat yang mempunyai kepentingan dan kebutuhan serta pola-pola pemikiran dan pola-pola tingkah laku tersendiri dan juga banyaknya persamaan kepentingan dan kebutuhan serta persamaan yang menyebabkan pertentangan maupun hubungan-hubungan setia kawan dan kerjasama.
3.      Ruang Lingkup Ilmu Budaya Dasar
o   Berbagai aspek kehidupan yang seluruhnya merupakan ungkapan masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya, baik dari segi keahlian (disiplin) masing-masing maupun antar bidang disiplin.
o    Hakekat manusia yang universal (satu) tetapi beraneka ragam perwujudannya dalam kebudayaan masing-masing zaman dan tempat dalam melihat dan menanggapi lingkungan alam, sosial dan budaya dengan adanya kesamaan dan perbedaan yang diekspresikan dalam bentuk dan corak ungkapan pikiran, perasaan, dan tingkah laku serta hasil kelakuannya.


BAB 3. KESIMPULAN

            Ilmu Alamiah Dasar, Ilmu Sosial Dasar, dan Ilmu Budaya Dasar merupakan Ilmu Pengetahuan yang penting dalam kehidupan manusia. Dari ilmu-ilmu tersebut manusia dapat mengetahui berbagai aspek kehidupan yang beraneka ragam. Bagaimana hubungan manusia dengan alam, dengan sesama, dirinya sendiri, nilai-nilai manusia dan sosial budaya serta hubungan manusia dengan sang pencipta. Manusia menempati posisi sentral dalam pengkajian tersebut. Jadi manusia harus bisa mengetahui terlebih dahulu hakekat dan ruang lingkup  Ilmu Alamiah Dasar, Ilmu Sosial Dasar, dan Ilmu Budaya Dasar agar terjadi keseimbangan dalam kehidupan sehari-hari.

DAFTAR PUSTAKA

1.      http://materikuliahprimi.wordspress.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar