Jumat, 03 Oktober 2014

Pengertian ilmu pendidikan dan ilmu pengetahuan



Ilmu pengetahuan dan ilmu pendidikan

Ilmu adalah suatu istilah yang berasal dari bahasa arab, “alima” yang terdiri dari huruf ‘ayn, lam, dan mim. Ilmu dapat diartikan tahu atau mengetahui.  Ilmu berarti memahami hakekat sesuatu, atau memahami hukum yang berlaku atas segala sesuatu.
Ilmu ialah suatu uraian yang tersusun secara lengkap tentang salah satu segi serta mempunyai sifat yang logis, diskutif dan reflektif.
Pengetahuan adalah informasi yang diketahui atau disadari oleh seseorang. Pengetahuan adalah informasi yang telah dikombinasikan dengan pemahaman dan potensi untuk menindaki, yang lantas melekat dibenak seseorang.
Menurut para ahli arti  pengetahuan adalah sebagai berikut:
a)      Gordon
Pengetahuan adalah struktur organisasi pengetahuan yang biasanya merupakan suatu fakta prosedur dimana jika dilakukan akan memenuhi kinerja yang mungkin.
b)      Nadler
Pengetahuan adalah proses belajar manusia mengenai kebenaran atau jalan yang benar secara mudahnya mengetahui apa yang harus diketahui untuk dilakukan.
c)      Pudjawidjana
Pengetahuan adalah reaksi dari manusia atas rangsangannya oleh alam sekitar melalui persentuhan, melalui objek dengan indera dan pengetahuan merupakan hasil yang tejadi setelah orang melakukan penginderaan sebuah objek tertentu.
d)     Ngatimin
Pengetahuan adalah sebagai ingatan atas bahan-bahan yang telah dipelajari dan mungkin ini menyangkut tentang mengikat kembali sekumpulan bahan yang luas dari hal-hal yang terperinci oleh teori, tetapi apa yang diberikan menggunakan ingatan akan keterangan yang sesuai.
e)      Notoadmodjo
Pengetahuan adalah merupakan hasil dari tahu dan ini setelah orang melakukan pengindraan terhadap objek tertentu. Pengindraan terjadi melalui pancaindra manusia.
Ilmu pengetahuan  adalah seluruh usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan, dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia . Segi-segi ini dibatasi agar dihasilkan rumusan-rumusan yang pasti. Ilmu memberikan kepastian dengan membatasi lingkup pandangannya, dan kepastian ilmu-ilmu diperoleh dari Pengetahuan adalah informasi yang diketahui atau disadari oleh seseorang. Pengetahuan adalah informasi yang telah dikombinasikan dengan pemahaman dan potensi untuk menindaki, yang lantas melekat dibenak seseorang.
Ilmu Pengetahuan adalah suatu uraian yang lengkap dan tersusun tentang suatu objek.
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya.
Menurut pendapat para tokoh, pendidikan diartikan sebagai berikut:
a)      John Dewey
Pendidikan adalah proses pembentukan kecakapan –kecakapan fundamental secar intelektual dan emosional ke arah alam dan sesama manusia.
b)      S.A. Bratanata dkk
Pendidikan adalah usaha yang sengaja diadakan baik langsung maupun tidak langsung untuk membantu anak dalam perkembangannya untuk mencapai kedewasaannya.
c)      Ki Hajar Dewantara
Mendidik adalah menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya.
d)     Sudirman N. dkk
Pendidikan diartikan sebagai usaha yang dijalankan oleh seorang atau kelompok orang lain agar menjadi dewasa atau mencapai tingkat hidup atau penghidupan yang lebih tinggi dalam arti mental.
e)      Menurut UU Nomor 2 Tahun 1989
Dalam UU Nomor 2 Tahun 1989 disebutkan bahwa pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan atau latihan bagi peranannya di masa yang akan datang.
Ilmu pendidikan adalah ilmu yang mempelajari tentang konsep, teori dan fenomena pembimbing dan melatih manusia menjadi dewasa agar menjadi manusia sejahtera lahir dan batin.
Perbedaan Ilmu Pendidikan dan Pendidikan:
a.       Ilmu Pendidikan
Ilmu pendidikan lebih menitik beratkan kepada pemikiran permenuan tentang pendidikan. Pemikiran bagaimana sebaiknya sistem pendidikan, tujuan pendidikan, materi pendidikan, sarana dan prasarana pendidikan, cara penilaian, cara penerimaan siswa. Lebih menitik beratkan pada teori.
b.      Pendidikan
Pendidikan lebih menitik beratkan dalam hal praktek, yaitu menyangkut kegiata belajar-mengajar.
            Ilmu pendidikan dan pendidikan tidak dapat dipisahkan, keduanya harus dilaksanakan secara berdampingan, saling memperkuat peningkatan mutu dan tujuan pendidikan.
            Pentingnya mempelajari ilmu pendidikan:
a)      Untuk pengembangan individu
Seperti yang kita ketahui manusia sebagai makhluk berbudaya dapat mengembangkan dirinya sedemikian rupa sehingga mampu membentuk norma dan tatanan kehidupan yang didasari oleh nilai-nilai luhur untuk kesejahteraan hidup, baik perorangan maupu untuk kehidupan bersama.
b)       Bagi pendidik pada umumnya
Dengan memahami pendidikan, pendidik dapat:
1.      Memudahkan praktek pendidikan
2.      Dapat menimbulkan rasa kecintaan pada diri pendidik terhadap tugasnya, terhadap anak didik dan terhadap kebenaran.
3.      Dapat menghindari banyak kesukaran dan kesalahan dalam melaksanakan praktek pendidikan.

c)   Dari segi pembangunan
                    Begitu pentingnya pendidikan untuk pembangunan bangsa maka pemerintah telah berusaha keras untuk:
1. Meningkatkan usaha pemerataan pendidikan
2. Meningkatkan mutu pendidikan setiap tingkat pendidikan, untuk ini peningkatan kemampuan professional guru merupakan komponen terpenting dalam sistem pendidikan.
3. Meningkat relevansi pendidikan terhadap kebutuhan masyarakat dan kebutuhan akan pelaksanaan pembangunan yang sekarang sedang akan terus dilaksanakan bahkan semakin ditingkatkan.
4. Meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelaksanaan kegiatan pendidikan di semua jenjang pendidikan.   


Referensi:
Abu Ahmadi dkk, ilmu pendidikan, Rineka Cipta, Jakarta, 1991
Sulthon, ilmu pendidikan, Nora, Kudus, 2011
Noeng Muhadjir, ilmu pendidikan dan perubahan social, Rake Sarasin, Yogyakarta, 2003
Kisbiyanto, ilmu pendidikan, Nora, Kudus, 2010
Tim pengembangan MKDK, Dasar-dasar Pendidikan, Tim pengadaan Buku Pelajaran IKIP Semarang, Semarang, 1991
http://id.wikipedia.org/wiki/Ilmu diunduh tanggal 4 september 2014 jam 13.15

http://gloricornerpengertien pengetahuan menurut paraahli.html diunduh tanggal 8 september 2014 jam 13.56






Tidak ada komentar:

Posting Komentar