Ilmu pengetahuan dan ilmu pendidikan
Ilmu adalah suatu istilah yang berasal dari
bahasa arab, “alima” yang terdiri dari huruf ‘ayn, lam, dan
mim. Ilmu dapat diartikan tahu atau mengetahui. Ilmu berarti memahami hakekat sesuatu, atau
memahami hukum yang berlaku atas segala sesuatu.
Ilmu ialah
suatu uraian yang tersusun secara lengkap tentang salah satu segi serta
mempunyai sifat yang logis, diskutif dan reflektif.
Pengetahuan
adalah informasi yang diketahui atau disadari oleh seseorang. Pengetahuan adalah
informasi yang telah dikombinasikan dengan pemahaman dan potensi untuk
menindaki, yang lantas melekat dibenak seseorang.
Menurut
para ahli arti pengetahuan adalah
sebagai berikut:
a) Gordon
Pengetahuan adalah struktur organisasi pengetahuan yang
biasanya merupakan suatu fakta prosedur dimana jika dilakukan akan memenuhi
kinerja yang mungkin.
b) Nadler
Pengetahuan adalah proses belajar manusia mengenai kebenaran
atau jalan yang benar secara mudahnya mengetahui apa yang harus diketahui untuk
dilakukan.
c) Pudjawidjana
Pengetahuan adalah reaksi dari manusia atas rangsangannya
oleh alam sekitar melalui persentuhan, melalui objek dengan indera dan
pengetahuan merupakan hasil yang tejadi setelah orang melakukan penginderaan
sebuah objek tertentu.
d) Ngatimin
Pengetahuan adalah sebagai ingatan atas bahan-bahan yang
telah dipelajari dan mungkin ini menyangkut tentang mengikat kembali sekumpulan
bahan yang luas dari hal-hal yang terperinci oleh teori, tetapi apa yang
diberikan menggunakan ingatan akan keterangan yang sesuai.
e) Notoadmodjo
Pengetahuan adalah merupakan hasil dari tahu dan ini setelah
orang melakukan pengindraan terhadap objek tertentu. Pengindraan terjadi
melalui pancaindra manusia.
Ilmu
pengetahuan adalah
seluruh usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan, dan meningkatkan pemahaman
manusia dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia . Segi-segi ini
dibatasi agar dihasilkan rumusan-rumusan yang pasti. Ilmu memberikan kepastian
dengan membatasi lingkup pandangannya, dan kepastian ilmu-ilmu diperoleh dari Pengetahuan adalah informasi yang
diketahui atau disadari oleh seseorang. Pengetahuan adalah informasi yang telah
dikombinasikan dengan pemahaman dan potensi untuk menindaki, yang lantas
melekat dibenak seseorang.
Ilmu
Pengetahuan adalah suatu uraian yang lengkap dan tersusun tentang suatu objek.
Pendidikan adalah usaha sadar dan
terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta
didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya.
Menurut
pendapat para tokoh, pendidikan diartikan sebagai berikut:
a) John
Dewey
Pendidikan adalah proses pembentukan kecakapan –kecakapan fundamental
secar intelektual dan emosional ke arah alam dan sesama manusia.
b) S.A.
Bratanata dkk
Pendidikan adalah usaha yang sengaja diadakan baik langsung
maupun tidak langsung untuk membantu anak dalam perkembangannya untuk mencapai
kedewasaannya.
c) Ki
Hajar Dewantara
Mendidik adalah menuntun segala kekuatan kodrat yang ada
pada anak-anak agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapat
mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya.
d) Sudirman
N. dkk
Pendidikan diartikan sebagai usaha yang dijalankan oleh
seorang atau kelompok orang lain agar menjadi dewasa atau mencapai tingkat
hidup atau penghidupan yang lebih tinggi dalam arti mental.
e) Menurut
UU Nomor 2 Tahun 1989
Dalam UU Nomor 2 Tahun 1989 disebutkan bahwa pendidikan
adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan,
pengajaran, dan atau latihan bagi peranannya di masa yang akan datang.
Ilmu
pendidikan adalah ilmu yang mempelajari tentang konsep, teori dan fenomena
pembimbing dan melatih manusia menjadi dewasa agar menjadi manusia sejahtera
lahir dan batin.
Perbedaan
Ilmu Pendidikan dan Pendidikan:
a. Ilmu
Pendidikan
Ilmu pendidikan lebih menitik
beratkan kepada pemikiran permenuan tentang pendidikan. Pemikiran bagaimana
sebaiknya sistem pendidikan, tujuan pendidikan, materi pendidikan, sarana dan
prasarana pendidikan, cara penilaian, cara penerimaan siswa. Lebih menitik
beratkan pada teori.
b. Pendidikan
Pendidikan lebih menitik beratkan dalam
hal praktek, yaitu menyangkut kegiata belajar-mengajar.
Ilmu
pendidikan dan pendidikan tidak dapat dipisahkan, keduanya harus dilaksanakan
secara berdampingan, saling memperkuat peningkatan mutu dan tujuan pendidikan.
Pentingnya
mempelajari ilmu pendidikan:
a) Untuk
pengembangan individu
Seperti yang kita ketahui manusia
sebagai makhluk berbudaya dapat mengembangkan dirinya sedemikian rupa sehingga
mampu membentuk norma dan tatanan kehidupan yang didasari oleh nilai-nilai luhur
untuk kesejahteraan hidup, baik perorangan maupu untuk kehidupan bersama.
b) Bagi pendidik pada umumnya
Dengan
memahami pendidikan, pendidik dapat:
1.
Memudahkan praktek pendidikan
2.
Dapat menimbulkan rasa kecintaan
pada diri pendidik terhadap tugasnya, terhadap anak didik dan terhadap
kebenaran.
3.
Dapat menghindari banyak kesukaran
dan kesalahan dalam melaksanakan praktek pendidikan.
c)
Dari segi pembangunan
Begitu
pentingnya pendidikan untuk pembangunan bangsa maka pemerintah telah berusaha
keras untuk:
1.
Meningkatkan usaha pemerataan pendidikan
2.
Meningkatkan mutu pendidikan setiap tingkat pendidikan, untuk ini peningkatan
kemampuan professional guru merupakan komponen terpenting dalam sistem
pendidikan.
3.
Meningkat relevansi pendidikan terhadap kebutuhan masyarakat dan kebutuhan akan
pelaksanaan pembangunan yang sekarang sedang akan terus dilaksanakan bahkan
semakin ditingkatkan.
4.
Meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelaksanaan kegiatan pendidikan di semua
jenjang pendidikan.
Referensi:
Abu Ahmadi dkk, ilmu pendidikan,
Rineka Cipta, Jakarta, 1991
Sulthon, ilmu pendidikan,
Nora, Kudus, 2011
Noeng Muhadjir, ilmu pendidikan
dan perubahan social, Rake Sarasin, Yogyakarta, 2003
Kisbiyanto, ilmu pendidikan,
Nora, Kudus, 2010
Tim pengembangan MKDK, Dasar-dasar
Pendidikan, Tim pengadaan Buku Pelajaran IKIP Semarang, Semarang, 1991
http://tugasteknikmesin.blogspot.com/2011/12/definisi-ilmu-pengetahuan.html diunduh tanggal 4 september 2014 jam 13.18
http://id.wikipedia.org/wiki/Ilmu diunduh tanggal 4 september 2014
jam 13.15
http://gloricornerpengertien pengetahuan menurut paraahli.html diunduh tanggal
8 september 2014 jam 13.56
Tidak ada komentar:
Posting Komentar